Selasa, 15 Januari 2013

Kayaking di negeri NGAPAK

Detik, menit silih berganti. nampaknya waktu terasa begitu cepat ketika bulan mei sudah hanya hitungan bulan saja. agenda kali ini kami akan latihan di sungai yang berada di Banjarnegara dan Purbalingga yaitu sungai serayu dan sungai klawing.

Hari Pertama,
Jum'at 11 Januari 2013
Walau ujian akhir semester belum berakhir namun di akhir pekan ini kami memeiliki rencana untuk mengarung jeram. Pada rencna awal, kami akan mengarung di sungai serayu, Banjarnegara dan sungai padegolan, Kebumen. Namun kondisi air sungai padegolan sedang tidak bisa di arungi karena debit air disana sedang dikecilkan karena masyarakat sekitar padegolan sudah selesai menanam tanamanya di sawah/ladang sehingga kami menrubah rencana ke sungai klawing di daerah Purbalingga. Latihan kali ini dapat dibilang cukup ramai bahkan hingga perlu 2 mobil untuk mengangkut orang orang dan barang yang dibawa. Yaitu mas Hendra, Fadil, Zul, Udin, Yudha, Laras, Samid, Rochmat, Heri, Pandu, dan mbak Ika.

Sebelum berangkat kami dibagi menjadi 2 tim, yaitu
tim A yang menggunakan mobil trooper mas Hendra dan tim B yang menggunakan mobil carry milik Rochmat. Pukul 18.53 tim A berangkat menuju Rajek Lor untuk mengambil kayak kayak yang akan kita gunakan sedangkan tim B sembari menanti anggota tim yang belum datang kemudian mereka menyusul ke Rajek Lor pukul 19.36 dengan muatan 1 buah riverboat diatasnya. Setelah packing kayak di rajek kemudian tim meluncur ke Banjarnegara menuju The PIKAS basecamp banyuwong, tetapi kami menyempatkan diri untuk makan malam di sekitar Jl. Magelang. kemudian setelah perut terisi kami semua melanjutkan perjalanan, namun ketika di tengah jalan kami mengalami beberapa trouble yakni ban mobil carry milik rohmat yang pecah di daerah salaman, Magelang sehingga kami harus berhenti dulu untuk mengganti ban mobil tersebut. setelah perjalanan dilanjutkan, kami sempat berputar putar tidak jelas di daerah kepil, Wonosobo karena hujan yang deras sehingga kami sampai di The PIKAS pukul 01.50.

Hari Kedua
Sabtu 12 Januari 2013
Pukul 08.00 kami semua bangun walau sebenarnya rasa kantuk masih hinggap karena panjangnya perjalanan yang kami tempuh dari Jogja. Kemudian tim langsung memberesi mushola yang kami gunakan untuk bermalam sedangkan Laras pergi belanja untuk bekal makan siang dan mencari nasi untuk makan pagi kami. tidak lama, datanglah mas gundul salah seorang pemilik banyuwong dengan motor trail dan topi dikepalanya mendekati kami. setelah selesai makan dan menyiapkan peralatan untuk mengarung di sungai serayu. sesuai rekomendasi mas gundul kemudian kami meluncur ke start point kami di tunggoro dengan ditemani 2 river guide mengantarkan kami kesana dan membawa mobil mobil kami kembali ke bascamp The PIKAS. tanpa pikir panjang perahu dan kayak kayak yang berada di atas mobil kami turunkan dan kami setting sesuai penunggangnya nanti, tidak lupa sebelum turun ke sungai kami menyempatkan diri untuk berdoa kepada tuhan dan briefing. setelah itu pada pukul 09.10 turunlah kami dengan formasi Samid, Rochmat, Heri, Pandu dan Mbak ika di riverboat menjadi tim rescue dan sisanya di kayak hardcell.
Sengai serayu memiliki kekhasan tipikal sungai, yaitu penampang sungai yang milik progo namun arusnya lebih cepat sehingga melatih kecekatan dan respon setiap anggota tim. baru diawal awal perjalanan, kami dijumpai dengan standing wave dan hole yang menghampar dimana mana, ketika di sungai kami menyempatkan istirahat di daerah boja untuk sekedar membuka bekal makan siang yang kami beli di pasar tadi pagi dan bercanda melepas ketegangan ketika menghadapi jeram jeram. kemudian kami melanjutkan perjalanan kami hingga kami sampai di jeram yang kami tunggu tunggu yakni jeram double drop.  sebelum memasuki jeram tersebut, kami sempatkan untuk scouting dahulu seperti jeram jeram debelakang, dan menyiapkan tim darat di beberapa titik untuk merescue tim yang akan melewati jeram tersebut. satu persatu perahu masuk jeram itu dengan diawali tim yang menggunakan riverboat dan diikuti kayak kayak dibelakangnya. kurang lebih pukul 16.50 sampailah kami di finish point sungai serayu yaitu tempat kami bermalam. sesampainya di finish, kami langsung membereskan perahu perahu kami dan membersihkan badan di toilet yang ada di The PIKAS tersebut. setelah semua beres, kamipun berpamitan ke mas gundul dan melanjutkan perjalanan menuju purbalingga, yaitu sungai klawing. namun, kami menyempatkan diri untuk singgah di rumah salah satu anggota mapagama yang sedang sakit DB yang rumahnya tak jauh dari The PIKAS. Pukul 21.42 akhirnya kami tiba di kediaman mas toto (pemilik sekolah kayak Tirtaseta) di daerah padamara, Purbalingga dan bermalam disana.

Hari Ketiga
Minggu 13 Januari 2013
Paginya suasana hangat terasa di rumah itu, rasanya seperti kembali ke kampung halaman ketika setelah bangun tidur sudah siap air hangat dengan kopi yang siap untuk diracik ditambah dengan keberadaan Ibunda mas toto yang ramah dan keibuan sekali. pukul 07.00 anggota tim makan pagi di kediaman mas toto dengan menu mendoan dan sayur tempe dan mie serta makanan penutup kami adalah sebuah duren yang baru saja jatuh dari kebun belakang rumah. seusai makan pagi, anggota tim langsung beres beres tempat kami tidur dan menyiapkan segala sesuatu yang akan kita gunakan ketika di sungai, tidak lupa kami menurunkan 2 kayak bliss-stick milik mas toto yang kami pinjam dari bulan oktober untuk roadshow di ranupani,ranuregulo,dan ranukumbolo. kemudian sebelum meninggalkan rumah itu kami berpamitan dulu kepada Ibunda mas toto karena kami tidak kembali kerumah itu dan langsung menuju ke Jogja setelah selesai pengarungan. tujuan pertama kami adalah ke objek wisata air OWABONG tempat dimana mas toto bekerja kemudian kami bersama mas toto pergi bersama menuju start point sungai klawing di daerah bobotsari. sesampainya disana kami langsung menurunkan barang barang dari atas mobil dan menyettingnya. pengarungan kali ini kami hanya turun 4 buah kayak dan sisanya seperti biasa di riverboat sebagai tim rescue. pukul 09.00 kami memulai pengarungan sungai klawing, sungai ini memang tidak lebih besar dari sungai serayu kemarin namun pemandangan di sungai klawing tidak kalah indah. diawal sungai ini kami dijumpai ladang pilow yang panjang dan sesekali perahu kamu nyangkut di pillow itu karena saking banyaknya ditambah debit air yang kecil di sungai tersebut. namun di tengah sungai ini terdapat jeram yang menurut kami bagus dengan penyempitan sungai, batu batu besar yang mengapit, serta kelokan sungai yang menyerupai huruf "S" yang memerlukan manuver manuver agar tidak mengalami wrap di batu besar. kurang lebih 2jam perjalanan akhirnya kami sampai di finish point sungai klawing dan langsung membuka drybag kami yang berisikan makan siang kami. ketika istirahat Heri dan Pandu ikut dengan operator sungai tersebut untuk ngambil mobil yang kita tinggalkan di titik start. sembari menanti mereka anggota yang lain disibukan dengan merapikan peralatan dan ada juga yang membersihkan diri setelah pengarungan tadi. Pukul 12.45 setelah semua beres dan perahu sudah diikat kencang diatas mobil, kami langsung meluncur ke Jogja. selama dijalan perjalanan berjalan lancar, tidak ada ban pecah tidah ada kesasar. namun sesampai kita di Jl. Wates ban mobil Rochmat terasa aneh kata supir mobil tersebut yakni Heri, kemudian mobil berhenti untuk mengeceknya. setelah dicek perjalanan dilanjutkan dan tidak lama dari itu mobil berhenti kembali untuk mengecek lagi dan ternyata mur pada ban tersebut bermasalah. 1 mur copot dan 3 mur lainya sudah tidak kencang. kemudian keluarlah perkakas mobil untuk mengencangkanya, namun baru beberapa putaran tiba tiba perkampungan disekitar kami mengalami mati lampu, betapa sialnya perjalanan pulang kali ini. setelah ban mobil Rochmat beres, kini kami melanjutkan perjalanan menuju Rajek Lor untuk menaruh kayak kayak yang kita pakai. Pukul 21.43 tibalah kami di sekretariat mapagama dilanjutkan dengan mencuci perahu dan peralatan yang kita bawa ketika kegiatan dan diakhiri dengan evaluasi kegiatan.