Jumat, 11 Januari 2013

TRIAL UIE 2013 - Sungai Sedim, Kedah Malaysia (Petualangan Dimulai)

Hari Kelima,
Rabu 19 Desember 2012
Pagi ini kami harus bangun lebih awal kami harus menyiapkan logistik yang akan kita bawa ke sungai sedim hari ini. Setelah persiapan logistik selesai sekarang saatnya kami belanja makanan untuk konsumsi tim selama di sungai. Pukul 09.00 datanglah Hafizh, seorang river guide sungai sedim yang dimiliki operator rapid fire yang dikelola oleh bang Jali. Kemudian Fadil,Udin dan Hafizh berangkat belanja di supermarket terdekat, bahan makanan yang kami cari pertama adalah
beras karena selama di Malaysia kami makan nasi hanya saat makan siang dan malam saja.
Pukul 12.00 MYT tim meluncur ke kawasan wisata hutan lipur, titik start dari sungai sedim. ±2jam perjalanan akhirnya sampai juga kita ddi titik start. sepanjang perjalanan rimbunya tumbuhan yang terawat bersih membuat kita semakin bersemangat, ditambah dengan jernihnya sungai sedim yang mengalir dan tak ada sampah sedikitpun yang ada di area sungai. Tanpa pikir lama, kamipun langsung menyiapkan kayak kayak yang akan kita pakai di gudang milik rapid fire yang tak jauh dari titik start. Dengan anggota tim kali ini, Hendra,Fadil,Zul,Udin di kayak hardcel dan Hafizh di kayak inflatable, And this time to get wet! Yeaahh.. baru diawal kita sudah dijumpai jeram yang memiliki gradient yang lumayan tinggi, dan ternyata sampai akhirpun jeram jeram yang kita lewati rata rata memiliki ketinggian 1-4 meter. Sungai sedim sendiri memiliki tipikal arus yang deras, minimnya eddies*, air yang jernih dan gradient yang tinggi. Selama pengarungan kami menggunakan standar river running system yang mana kita saling mem back up satu sama lain dalam hal safety. Ketika satu kayak masuk kedalam jeram, kayak yang lain menjadi petugas rescue di eddies terdekat atau tepi sungai tergantung bentukan jeram tersebut. ±1,5 jam pengarungan kini kita ditemui jeram terbesar di sungai sedim, yaitu elbow falls. Jeram yang memiliki katinggian mencapai 4 meter dan bentuk yang berliku. Satu demi satu tim melompati jeram itu, dengan petugas rescue di beberapa titik dan akhirnya semua anggota tim dapat melewati jeram ini tanpa ada trouble sedikitpun. Setelah itu tak jauh dari jeram elbow falls ada jeram yang harus kita portaging karena menurut hafizh jeram itu tidak aman untuk dilewati karena adanya undercut** didepan jeram itu persis dan memungkinkan kayak masuk kedalam lubang itu. Seketika anggota tim terpaksa melewati jeram tersebut dengan portaging***. Kemudian kita melanjutkan pengarungan, setelah jeram elbow falls nampaknya jeram jeram di depan relatif lebih landai namun tetap arusnya deras dan bentuknya berliku sehingga perlu maneuver kayak yang baik. Tak lama sampailah kita di finish point sungai sedim low section. Rasanya, baru kali ini kami mengarung dengan suasana hutan yang permai dan hewan hewan yang masih kita jumpai di dekat sungai serta tak ada sampah satupun selama pengarungan walaupun di daerah hutan lipur adalah tempat wisata umum. Langsung saja kita pack kayak kayak yang kita bawa ke mobil dan kembali ke start point dan bermalam di sebuah pendopo yang tak jauh dari start point sungai sedim. Sembari istirahat, seperti biasa sehabis kegiatan kita mencuci peralatan peralatan yang kita gunakan tadi saat mengarung. Pukul 19.00 MYT ketika matahari mulai terbenam dengan ditemani satu teko teh hangat kami melakukan evaluasi pengarungan dan briefing untuk hari esok pengarungan di sungai sedim up section. Seusai evaluasi dan briefing, kami langsung menuju dapur yang memang tersedia di dekat pendopo kita bermalam dan memasak menu makan malam dengan chef kita si Udin. Pukul 21.00 MYT seluruh anggota tim harus segera menuju sleeping bag masing masing untuk istirahat karena esok kita masih ada pengarungan yang lebih ekstrem dari hari ini.